Sabtu, 06 Oktober 2012

Memperkuat Sinyal Modem Dengan Selembar Kayu

Pagi teman-teman allinformation semua, semoga minggu pagi ini adalah hari yang baik buat anda. Nah, bagi teman-teman yang hidup di daerah jauh dari BTS/tower pasti koneksi internetnya lambat.

Terdapat banyak solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, seperti memasang antenna modem buatan pabrik, memakai antenna wajan bolik, dan membeli modem dengan transceiver yang kuat, hal itu memang dapat menyelesaikan permasalahan sinyal lemah, tetapi kita lihat kekurangan dari masing-masing solusi tersebut.

Pada antenna modem buatan pabrik :

  • Harga terlalu mahal sehingga tidak cocok untuk kebanyakan masyarakat Indonesia yang sukanya murah, bagus, dan awet…. He…he…he… bener ga?. 
  • Jikalau ada yang murah biasanya ga ada efeknya sama sekali, saya pernah beli antenna modem dengan harga Rp. 50.000,00 bener-bener ga ada efeknya. Jadi hati-hati ya sob dalam memilih antenna modem.
  • Tidak semua jenis modem bisa dipasangi antenna buatan pabrik. Karena tidak semua modem mempunyai port antenna.

Pada antenna wajan bolik :

  • memang sih harganya terjangkau, tetapi mempunyai kelemahan pada proses pembuatannya, jika kita salah menempatkan posisi modem, niscaya modem kita tidak akan mendapatkan tambahan sinyal. Karena antenna wajan bolik bekerja seperti sebuah senter yang cahayanya di buat konvergen menuju satu titik seperti pada gambar di bawah ini :


Nah, tau kan apa akibatnya jika jarak moden terhadap wajan tidak tepat.....?.

  • Nah, masalah yang kedua, kita harus tahu dimana pusat sinyal di pancarkan (BTS), karena antenna wajan bolik bekerja dengan memusatkan sinyal, jadi antenna harus benar-benar memancarkan sinyalnya ke BTS. Jika tidak ya percumah lah, sinyal ga akan tambah, malah turun……

Pada modem yang ber Transceiver kuat

  • Kekurangannya hanya pada harganya yang aduhai…. Dapat melubangi kantong kita…. : D

Nah, sekarang saya akan berbagi tips bagaimana meningkatkan sinyal dan kecepatan transfer modem dengan cara menggunakan selembar kayu...!

  • Pertama kamu beli/cari selembar kayu ukuran 1 x 1 meter, atau kemu juga bisa menggunakan dinding lemari yang terbuat dari kayu (dengan syarat lemarinya pada posisi tinggi / di lantai 2).
  • Tempelkan modem pada permukaan kayu seperti gambar di bawah ini :



  • Lalu hubungkan modem dengan computer anda, niscaya kecepatan transfer data anda akan lebih cepat 300 %. Beneran, aku udah coba dengan sebuah modem smartfren. Ini buktinya :
sebelum menempel pada kayu
sesudah menempel pada kayu


Nah sekarang saya akan menerangkan bagaimana cara kerjanya :
    Secara alamiah kayu merupakan benda yang keras yang mudah beresonansi. Sehingga ketika modem mengeluarkan sinyal untuk dikirimkan ke server maka kayu yang berdekatan dengannya pun akan ikut bergetar mengikuti getaran sinyal sehingga sinyal akan lebih kuat dari sebelumnya, begitu juga sebaliknya ketika server mengirim balik sinyal, maka kayu tersebut akan ikut merasakan kedatangan sinyal tersebut dan akan beresonansi sehingga sinyal yang di dapatkan oleh modem sangat jelas.

Sekian ilmu yang bisa saya bagikan kepada teman-teman, sebagai pembaca yang baik bantulah saya dalam mempertahankan blog ini. Terimakasih atas kunjungannya selamat menikmati hari minggu mu….. :D

3 komentar:

  1. Suatu Penemuan baru. Tq Mas Lintang Agustin.

    BalasHapus
  2. mantap gan ilmu baru nic pasti ane coba ^__^

    BalasHapus
  3. matur kasuwun mas.... mg brmanfaat n sll eksis....

    BalasHapus