Selasa, 03 Juli 2012

Rangkaian Alat Pengusir Nyamuk


Kali ini saya akan menulis tentang Rangkaian Pengusir Nyamuk, Alat ini bekerja secara otomatis yang dikendalikan oleh LDR(Light Depending Resistor). 

Rangkaian ini akan menyala jika berada di tempat gelap, dan mati pada tempat terang. Jadi jika lampu kamar agan dimatikan otomatis alat ini akan otomatis bekerja.

Rangkaian ini bekerja dengan mengeluarkan Frekuensi tinggi melalui Speaker, sehingga tidak akan terdengar oleh telinga kita. Frekuensi ini hanya bisa dirasakan oleh nyamuk, sehingga mereka akan merasa terganggu dengan frekuensi ini, mengapa?

Karena frekuensi yang dikeluarkan oleh speaker sama dengan frekuensi yang dikeluarkan oleh nyamuk jantan (nyamuk jantan tidak menghisap darah), pada saat bukan musim kawin nyamuk betina akan menjauhi frekuensi tersebut, tetapi jika pada saat musim kawin, si nyamuk betina malah mendekatinya.

Jadi, pada saat musim kawin alat ini tidak akan berguna.

Ingat, nyamuk itu tidak mempunyai mata, sehingga mereka berkomunikasi menggunakan antenanya, jadi alat yang akan kita buat ini akan dikira nyamuk jantan yang ingin kawin dengan si betina. Ha…ha…ha… bego ya nyamuknya…..

Untuk lebih jelasnya, perhatikan rangkaian berikut :


Daftar Komponen :

  • N1, N2, N3, N4 = IC4011
  • Transistornya tipe NPN biasa
  • C1 = 100 mikro Farad
  • C2 = 100 nf
  • C3 = 10 nf
Sekian dari saya, semoga bermanfaat…
Please commentnya ya….

6 komentar:

  1. Mohon maaf sebelumnya ya mas.. saya mau mencari ebook ilmu listrik untuk sekolah teknik menengah kelas X sampai kelas XII. mohon bantuannya ya.. kalo bisa mah yang free(gratis) hehehe. tapi kalo yang berbayar juga gapapa kok..

    sekian dari saya. mohon maaf jika ada salah kata ya. ^_^ oh ya saya sekolah di SMKN 2 Bogor jurusan: Teknik Instalasi Tenaga Listrik.

    BalasHapus

  2. I admire the valuable information you offer in your articles. I will bookmark your blog and have my children check up here often. I am quite sure they will learn lots of new stuff here than anybody else :)

    BalasHapus
  3. maaf ka , komponennya kurang jelas mohon di perjelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. klik kanan gambarnya dan klik buka tautan di tab baru.... pasti lebih jelas....

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus